PERAN AKTIF BENTUK KEPEDULIAN GO GREEN DEMI MASA DEPAN BUMI

Go green, kalimat yang sudah tak asing ditelinga kita bahkan sangat familiar. Tetapi pada kenyataannya jauh lebih memprihatinkan, slogan yang go green yang marak digalakkan ada beberapa pihak yang tak bisa memaknainya dengan sempurna. Lantas kenapa musti go green patut diapresiasi oleh berbagai pihak untuk andil didalamnya sebagai bentuk kepedulian pada go green, seperti kondisi saat ini dimana jumlah hutan yang semakin menipis, terjadinya polusi air, udara, tanah, dan lain sebagainya, kondisi bumi yang semakin panas dari hari ke hari bangkah tahun demi tahun.

Adapun langkah-langkah yang musti kita lakukan sebagai bentuk kepedulian go green dan peran aktif dalam berpartisipasi didalamnya, mungkin akan terlihat simple tetapi adakalanya sesimple apapun itu kalau tidak dikerjakan akan nampak lebih berat. Sebagai bentuk kepedulian kita untuk berpartisipasi didalamnya antara lain :
  1. Tutup jendela, pintu dan ventilasi pada saat AC menyala, saat kondisi AC tersebut akan melepaskan zaf freon dan tak bisa diuraikan oleh udara. Freon tersebut dapat merusak lapisan ozon, dengan kita menutup pintu jendela dan ventilasi maka kita telah membantu mengurangi dari dampak kerusakan ozon yang disebabkan zat freon.
  2. Bawalah tas sendiri saat berbebelanja di minimarket atau supermarket. Saat ini sudah banyak supermarket maupun minimarket yang menawarkan menggunakan tas-tas dari bahan daur ulang. Dengan mengurangi penggunaan plastik yang tidak bisa diuraikan oleh bakteri pengurai kita telah membantu mengurangi polusi tanah.
  3. Lebih baik naik sepeda seperti sloggan penyepeda ( bersepeda mengobati demam bumi ), berjalan kaki atau menggunakan angkutan umum ketika bepergian. Saat menggunakan kendaraan pribadi tanpa kita sadari telah melepas zat CO2 ke udara yang membahayakan bagi kesehatan paru-paru. Dengan berjalan kaki, bersepeda dan menggunakan angkutan umum secara tidak langsung peran aktif kita kontribusi mengurangi polusi kadar CO2 di udara, selain itu dengan berjalan kaki maupun bersepeda kita bisa menjaga kesehatan dengan berolahraga.
  4. Tanam pohon kecil itupun berguna dalam mengurangi kadar zat CO2 di udara.
mengapa bumi semakin panas dari hari ke hari apakah kita hanya tinggal diam berpangku tangan dan membiarkannya berlarut-larut tanpa mengambil langkah bentuk kepedulian go green?
Seiring berjalannya waktu serta semakin tuanya usia bumi serta ulah-ulah manusia itu sendiri yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon, sementara itu lapisan ozon adalah penyaring radiasi sinar matahari sebelum sampai ke bumi. Adanya lubang pada lapisan ozon itu berakibat fatal tidak bisa disaringnya sinar matahari, maka radiasi matahari atau ultraviolet akan dengan mudahnya masuk ke bumi dan akan merugikan manusia itu sendiri diantaranya muncul penyakit kulit.

Sementara itu beberapa penyebab berlubangnya lapisan ozon antara lain :
  1. Freon, yang keluar dari AC tidak bisa diuraikan oleh udara seperti yang sudah dipaparkan diatas.
  2. Polusi, ada tiga polusi yang sering terjadi. Untuk polusi yang pertama adalah polusi udara, yakni pencemaran udara yang disebabkan oleh karbondioksida ( CO2 ). Lalu polusi air, polusi ini akan diketahui setelah tercemar oleh zat-zat yang merugikan manusia dan tidak baik untuk kesehatan diantaranya sampah-sampah, limbah pabrik, limbah rumah tangga dll. Adapun cara mencegahnya dengan tidak membuang limbah apapun secara sembarangan termasuk membuangnya kesungai. Polusi yang tarahir adalah polusi tanah/ pencemaran tanah, hal itu disebabkan oleh sampah-sampah anorganik yang ditumpuk/ ditimbun didalam tanah serta tidak bisa diuraikan oleh bakteri pengurai. Langkah untuk mencegahnya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya serta tidak menimbun sampah anorganik pada tanah, dan kurangi penggunaan barang-barang yang terbuat dari bahan-bahan anorganik seminimal mungkin.
Demikianlah artikel singkat ini dapat menggugah kita untuk senantiasa berperan aktif dalam program go green demi memperbaiki bumi tercinta dan demi masa depan keturunan anak cucukita dimasa yang akan datang bentuk kepedulian go green.

disadur dari berbagi sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel